• Jam Buka Toko: Jam 10.00 s/d 17.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 081390576969
  • SMS/WA: 081390576969
  • Line : @xsoftoriginal
  • support@xsoftoriginal.com
Terpopuler:

Mengenal Perbedaan Fading Jeans Buatan VS Alami

30 Juni 2018 - Kategori Blog

Jeans adalah bahan pembuatan pakaian terutama celana yang begitu disukai masyarakat dari berbagai macam negara. Sejarahnya sendiri sungguh berbeda dengan kenyataan yang ada dimana dulunya digunakan sebagai pakaian para pekerja tambang di Amerika Serikat. Anda bisa melihat perbedaannya sekarang, jeans menjadi primadona segala kalangan usia khususnya anak-anak muda. Dianggap sebagai fashion item paling hits dan tidak akan hilang termakan perkembangan zaman.

Macam-Macam Jeans yang Harus Anda Ketahui

Karena penggemar dari jeans begitu banyak maka pabrik mengeluarkan aneka macam model terbaru. Ditambah lagi dengan para desainer dunia yang ingin menciptakan model fashio terbuat dari jeans yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini kemudian membuat banyaknya bentuk pakaian terbuat dari bahan tersebut, tidak hanya celana melainkan ada dress, terusan, hot pants, rok, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah macam jenis jeans yang seringkali digunakan masyarakat dan begitu booming di pasaran.

  1. Raw atau Dry Jeans

Sebetulnya jenis jeans yang satu ini merupakan pakaian yang langsung diolah tanpa melalui proses pencucian atau pengeringan. Oleh karena itulah mengapa raw jeans terasa kaku, serat kainnya kasar dan baunya seperti pabrik.

  1. Washed Jeans

Kalau model ini merupakan bahan yang memang sudah melalui proses pencucian di pabrik. Dengan begitu warna kainnya menjadi lebih cerah bila dibandingkan dengan raw jeans. Kemudian bahannya juga terasa lembut dan lemas sehingga sangat nyaman jika dipakai sehari-hari.

  1. Fading Jeans

Kalau biasnaya warna pada kain jeans atau denim biru tua dan gelap maka terdapat model lain bernama fading. Teknik fading sengaja dilakukan supaya jeans terlihat memudar dan memberikan efek gradasi cantik. Padahal fading sendiri merupakan efek warna memudar yang ditimbulkan karena faktor usia pakaian atau proses pencucian yang kurang tepat. Akan tetapi model tersebut malah digemari masyarakat dimana memberikan efek klasik dan manis. Oleh sebab itu banyak sekali pabrik memproduksi fading jeans buatan sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus menunggu warnanya memudar. Meskipun begitu tetap saja fading jeans buatan vs alami mempunyai perbedaan dan keunggulannya masing-masing.

Membandingkan Antara Fading Jeans Buatan Vs Alami

Saat tren fading jeans begitu ramai diperbincangkan, banyak orang kemballi mencari celana lama mereka. Apabila sudah lama tidak dipakai dan menumpuk di lemari maka lama kelamaan lapisan warna jeans akan memudar secara alami sehingga menimbulkan efek fading yang cantik. Namun jika Anda tidak memilikinya maka bisa langsung membeli di toko pakaian terdekat karena model pakaian tersebut banyak diproduksi dengan aneka macam bentuk. Tidak hanya celana panjang saja melainkan hot pants, rok pendek, jaket denim, dan lain sebagainya.

Meskipun mudah didapatkan namun ternyata fading jeans buatan pabrik mempunyai kekurangan bila dibandingkan buatan alami. Pertama, kainnya terasa lebih tipis karena proses pemudaran menggunakan bahan kimia keras saat di pabrik. Tujuannya adalah supaya warna fading terlihat jelas tanpa harus menunggu waktu lama. Kedua, warna tersebut akan terlihat palsu dan kurang alami seperti jeans lama pada umumnya. Selain itu tidak bisa dibuat efek gradasi dimana satu bagian terlihat lebih terang dan lainnya gelap. Kekurangan yang ketiga adalah kualitas tidak sebagus fading jeans alami dimana kainnya mudah sekali sobek, rusak, melar dan sebagainya. Itulah perbedaan antara fading jeans buatan vs alami yang begitu terlihat. Tidaklah heran bila kebanyakan orang lebih memilih mengenakan celana atau pakaian dari jeans lama atau berusaha membuat warna fadingnya keluar dengan berbagai cara.

Bagaimana Caranya Membuat Efek Fading yang Alami?

Kalau Anda malas membeli celana baru atau enggan melihat efek palsu buatan yang ditmbulkan maka gunakan saja tips membuat fading alami sederhana berikut ini.

  1. Meskipun akan lebih cepat bila menggunakan cairan pemutih supaya warnanya pudar namun hal tersebut bisa membuat serat kain rusak. Tak jarang pula elastisitas jeans menghilang sehingga terlihat melar atau bahkan menyusut dengan sendirinya. Jika dipakai maka seringkali sobek atau bolong karena kain tersebut rapuh terkena bahan kimia terlalu keras.
  2. Orang bilang kalau celana jeans akan terlihat bagus dan warnanya tahan lama kalau jarang dicuci. Hal ini memang benar nyatanya bahkan anjurannya jeans sebaiknya dicuci dalam kurun waktu 6 bulan setelah pemakaian baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan warna asli sehingga tidak mudah rusak. Namun untuk mendapatkan efek fading sempurna maka Anda jangan buru-buru mencuci jeans tersebut apalagi dalam intensitas tinggi. Tidak hanya memudar melainkan proses pencucian tersebut akan membuat kain menjadi mudah sobek bila digunakan.
  3. Sering-seringlah menggunakan celana jeans tersebut dalam berbagai macam kegiatan terutama di luar ruangan, misalnya saja jalan-jalan atau bahkan travelling. Efek fading dihasilkan karena sering terkena sinar matahari dan gesekan karena Anda sering bergerak. Selain itu cuaca ekstrim di sekitarnya juga sangat memengaruhi terjadinya fading pada warna jeans. Dengan begitu hasilnya nampak sangat alami namun serat kain tetap kuat dan tahan lama.

Gaya Pakaian Santai dengan Fading Jeans

Bila membandingkan antara fading jeans buatan vs alami memang jauh berbeda sekali. Jika warna memudar karena faktor lingkungan atau penggunaan sehari-hari maka hasilnya natural dan menghasilkan gradasi warna nan cantik. Berbeda dengan buatan pabrik dimana warnanya pucat, terkesan palsu serta bahannya tidaklah awet. Bagi Anda pecinta model fading jeans maka bisa leluasa memadukannya dengan pakaian lain seperti kemeja, kaos oblong, tanktop, jaket jeans, jaket kulit, dan sebagainya. Pada dasarnya efek warna memudar yang dihasilkan memberikan tampilan atau look vintage yang santai, bebas, tomboy namun bisa dibuat agak feminim. Supaya lebih sempurna maka fading jeans sangat pas bila dipadukan dengan pakaian lain bewarna terang atau natural sehingga kesan klasik yang diberikan semakin kental.

Apabila sudha berhasil memunculkan warna fading pada bahan jeans maka perhatikan cara perawatannya agar tetap awet. Jangan terlalu sering mencuci jeans, jemur di tempat yang teduh, kalau bisa tidak perlu disentrika dan Anda bisa menggunakan jenis detergen khusus yang minim zat kimia. Dengan begitu warnanya akan tahan sampai tahunan serta serat kainnya tidak mudah rusak.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *